Latest news

Kaos Kaki dan Cara-cara Unik Lainnya untuk Atasi Susah Tidur

No comments

indommp

 

Jakarta – Cepat letih dan gampang mengantuk di siang hari adalah dampak kurang tidur, yang sering dipicu oleh insomnia atau susah tidur di malam hari. Agar tidak berlarut-larut dalam penderitaan tersebut, ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Menggunakan kaos kaki di kala malam, mandi air hangat dan bahkan melakukan pekerjaan ringan seperti melipat pakaian bisa membantu mengatasi susah tidur. Tidak harus menggunakan obat tidur, bahkan sebisa mungkin dihindari karena tentu ada banyak efek sampingnya.

Beberapa cara unik untuk mengatasi susah tidur adalah sebagai berikut seperti dikutip dari MSN Healthyliving, Selasa (26/2/2013).

1. Mandi air hangat

Berdasarkan penelitian tahun 1997 di New York Hospital-Cornell Medical Center, suhu tubuh secara alamiah akan menurun di kala malam dan mencapai titik terendah sekitar pukul 4-5 subuh. Berendam atau mandi dengan air hangat sebelum tidur akan menaikkan suhu tubuh sehingga badan dan pikiran menjadi lebih rileks.

Joyce Walsleben, PhD, ahli tidur dari New York Universitymerekomendasikan untuk berendam air panas selama 20-30 menit sebelum tidur. “Jika temperatur tubuh naik, maka penurunan suhu tubuh yang makin curam saat tidur akan membawa Anda pada tidur yang lebih nyenyak,” katanya.

2. Pasang lampu remang-remang

Tidak terlalu mengejutkan, hormon melatonin yang memicu rasa kantuk akan dilepaskan dalam jumlah lebih banyak dalam kondisi penerangan remang-remang atau bahkan gelap sama sekali.

“Melatonin adalah hormon kegelapan, dia tidak adan bekerja jika lampunya terang. Anda butuh transisi menuju kegelapan sekitar pukul 9-10 malam,” kata Walsleben yang menganjurkan untuk duduk-duduk terlebih dahulu di ruang gelap sebelum tidur.

3. Melipat pakaian

Meski punya pembantu di rumah, tidak ada salahnya melipat baju sendiri lalu merapikannya di almari. Menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas akan membentuk jam biologis yang menyadarkan otak bahwa sudah tiba waktunya untuk mengantuk.

Tidak harus dengan melipat baju, aktivitas lain juga bisa dijadikan rutinitas menjelang tidur. Contohnya menggosok gigi, atau menyisir rambut.

4. Pakai kaos kaki

Bagian ekstremitas bawah atau bagian paling ujung bawah dari tubuh paling sensitif terhadap suhu dingin. Susah untuk tidur nyenyak bila bagian ini sedang kedinginan. Sepasang kaus kaki sangat ampuh mengatasi masalah ini. Bisa juga dengan memberikan lapisan tambahan pada selimut.

5. Matikan alat elektronik

Barangkali cara ini paling susah dilakukan, paling tidak bagi manusia moderen yang terlanjur menganggap teknologi sebagai bagian dari hidupnya. Ponsel sudah seperti jantung, yang sedetik pun tidak boleh dibiarkan mati atau berada di luar jangkauan sinyal 3G. Namun tidak ada pilihan lain, perangkat ini harus dimatikan saat tidak bisa tidur.

Facebook Comments
HB Kaos KakiKaos Kaki dan Cara-cara Unik Lainnya untuk Atasi Susah Tidur

Tinggalkan Balasan